top of page

Dorong SDM di Era 4.0, BPSDMI Bersama Axioo Class Program Menyelenggarakan Webinar IoT Class

Jakarta, 23 November 2022 - Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten dalam penguasaan teknologi terkini, Badan Pengembangan SDM Industri Kementerian Perindustrian bersama dengan program CSR PT Tera Data Indonusa Tbk yaitu Axioo Class Program (ACP) mengadakan program "Pendampingan Pembentukan Kelas IoT dan Pengembangan Kurikulum tentang Design Thinking dan IoT Program” yang merupakan salah satu kegiatan dalam Industrial Vocational Week Tahun 2022. Pelatihan ini diseleranggarakan guna mendukung penciptaan inovasi dan meningkatkan produktivitas sektor industri agar lebih berdaya saing di kancah global.


Kolaborasi program BPSDMI-Axioo Robotic ini dibuka dengan serangkaian webinar, mini workshop, penyerahan paket bantuan Pendidikan dan penandatangan kerjasama.


“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis yang sesuai dengan program prioritas yang ada di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Dan kami siap mengembangkan SDM handal yang bisa mengikuti perkembangan industri 4.0 saat ini.” Ujar Timmy Theopelus Senior VP Social Impact PT Tera Data Indonusa Tbk.


Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan 2 hari yaitu pada tanggal 23 & 25 November 2022. Pada hari pertama diadakan webinar dengan tema “Membuka Gerbang Teknologi Industri 4.0 melalui IoT Class” dengan narasumber dari pihak BPSDMI Kemenperin & GIZ. Pada kegiatan ini, narasumber memberikan materi pelatihan terkait industri 4.0, Seperti kebutuhan tenaga kerja di Era 4.0 hingga bagaimana dunia pendidikan bisa menyerap dan mengajarkan industri 4.0 kepada peserta didik. Bukan hanya memberikan materi, kegiatan ini dilaksanakan secara interaktif melalui Focus Group Discussion (FGD) dan tanya jawab.


Sedangkan untuk pelatihan hari ke-2 yaitu dengan agenda mini workshop dan Penyerahan Hibah Bantuan Alat Pendidikan berupa 2 paket bantuan alat pendidikan Axioo Robotic Academy kepada SMK-SMK Terpilih Binaan BPSDMI dan Axioo Class Program.


Diharapkan melalui kegiatan ini, BPSDMI Kemenperin bersama dengan Axioo Class Program (ACP) bisa berkontribusi dalam Peningkatan kompetensi sumber daya manusia bidang robotik melalui pendidikan vokasi di lingkungan kementerian perindustrian.



Tentang PT Tera Data Indonusa Tbk

PT Tera Data Indonusa Tbk (“TDI”) atau “Perusahaan”) telah berkecimpung dalam bisnis komponen TI sejak tahun 1993, sejak saat itu TDI telah mengembangkan jaringan distribusi yang lama dan luas di seluruh Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam membangun dan meningkatkan infrastruktur TI yang solid dan terbukti. Brand AXIOO sendiri terbentuk pada tahun 2004, dimana Axioo menjadi brand nasional pertama yang meluncurkan notebook di Indonesia. Sejak itu penjualan Axioo tumbuh pesat dari tahun ke tahun, dan kami telah menambahkan jajaran produk baru seperti tablet, AIO, desktop, 2-in-1. TDI mengoperasikan 31 kantor perwakilan & penjualan di kota-kota besar Indonesia, dengan 147 pusat layanan di seluruh Indonesia. TDI juga memiliki kapasitas produksi 200.000 unit/bulan dengan 12 jalur perakitan.



Contact person:

Luhur Budiman

Corporate Secretary

PT Tera Data Indonusa Tbk

E: corporatesecretary@terra.co.id

11 views0 comments
bottom of page