Bersama KEMENPERIN, Axioo Menggelar Pelatihan Kompetensi Untuk Menciptakan Tenaga Pendidik Handal

Updated: Oct 4


Jakarta, 30 September 2022 –Masuknya negara Indonesia ke dalam era revolusi industri 4.0 telah meningkatkan kebutuhan akan adanya tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan industri. Oleh karena itu, salah satu upaya strategis menyiapkan tenaga kerja yang handal adalah dengan memastikan bahwa tenaga pendidik di institusi pendidikan (SMK/Politeknik) memahami kompetensi apa yang wajib dimiliki oleh calon tenaga kerja, dan juga bagaimana budaya kerja yang ada di perusahaan. Hal ini selaras dengan adanya program Link and Match yang telah disiapkan oleh Kemendikbudristek sejak tahun 2017 dan telah direalisasikan secara konsisten oleh PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) melalui Axioo Class Program.


Axioo Class Program adalah sebuah program pendidikan untuk menyiapkan tenaga terampil sesuai dengan kebutuhan industry melalui program sinkronasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru dan siswa, pembelajaran berbasis IT serta bersertifikasi Internasional. AXIOO adalah satu-satunya merek lokal yang memiliki kemitraan strategis & komprehensif dengan SMK secara berkelanjutan sejak tahun 2009.


Bertempat di Axioo Smart Factory, Cakung, Jakarta Timur, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) menggelar pelatihan kompetensi untuk menciptakan tenaga pendidik yang handal. Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 30 September 2022 ini dihadiri oleh pimpinan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan beberapa guru SMK dari berbagai wilayah dan dengan bangga turut dihadiri oleh juga oleh tim perwakilan dari Kementerian Perindustrian, Badan Pengembangan SDM.


Kunjungan perwakilan Kementerian Perindustrian, Badan Pengembangan SDM yang bersamaan dengan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan dalam rangka apresiasi keberhasilan PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) dalam mengimplementasi kegiatan Vokasi di Indonesia. Terlebih lagi, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) sudah berhasil dan terbukti melaksanakan Program Link and Match 8+1 secara keseluruhan.


Pada kunjungan ini, Perwakilan Kementerian Perindustrian, Ketua Badan Pengembangan SDM Bapak Setyoko Pramono mengatakan “Program Axioo Class Program yang sudah berjalan saya pikir bisa dijadikan sebuah model nasional, bagaimana sebuah industry yang Link and Match dengan unit pendidikan. Unit Pendidikan akan sangat terbantu jika perusahaan industri mau berpartisipasi mengembangkan sistem pendidikannya dari awal yaitu pada saat proses rekruiment, pembelajaran, praktek kerja sampai pada akhirnya mereka di jadikan sebagai pegawai di perusahaan industri “ Ungkap Bapak Setyoko Pramono


Selain itu, menyadari kebutuhan akan sarana prasarana praktek yang sangat berguna untuk mendukung pembelajaran Siswa Menengah Kejuruan, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) juga menghibahkan bantuan alat praktik kepada sekolah-sekolah yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut. Pada kesempatan itu turut disaksikan juga oleh Bapak Setyoko Praomono sebagai perwakilan Kementerian Perindustrian, Ketua Badan Pengembangan SDM.


“Kami menyadari pentingnya alat praktik bagi siswa kejuruan untuk menunjang proses belajar sehingga kompetensi siswa dapat sesuai dengan kebutuhan industry. Oleh karena itu, kami memberikan hibah beberapa alat praktik untuk beberapa SMK terpilih, Semoga perangkat ini bisa bermanfaat untuk kegiatan belajar dan mengajar siswa.” Ujar Andrey Fifo, Direktur PT Tera Data Indonusa Tbk.


PT. Tera Data Indonusa, Tbk (AXIO) melalui Axioo Class Program berharap dengan adanya kegiatan pelatihan dan penyerahan hibah alat praktik ini program pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di Indonesia dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

46 views0 comments

Recent Posts

See All